Selasa, 24 Januari 2012

MENJADIKAN PAPUA AMAN




Hingga sekarang, masih saja timbul kejadian yang mengganggu keamanan, ketenangan, dan kedamaian di daerah Papua. Tentunya hal ini tidak boleh dianggap sepele. Karena itu, penanganan masalah tersebut harus tuntas dan menjangkau akar masalahnya.
Bila gangguan keamanan itu dilakukan oleh kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM), yang menggunakan senjata, maka sesungguhnya pilihan penyelesaian dengan kekuatan senjata tidak tepat kecuali bila sudah berskala besar dan membahayakan kehidupan bangsa dan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Melihat pengalaman dan masalah yang timbul di Papua, tampaknya lebih menyangkut masalah keadilan dan kesenjangan sosial.
Secara kasatmata, rakyat dan Provinsi Papua bisa dikatakan masih tertinggal dibandingkan dengan daerah lain, terutama oleh Jawa. Tak hanya di bidang ekonomi, tapi juga dalam aspek kehidupan lain, seperti di bidang pendidikan, transportasi, komunikasi, dan akses-akses terhadap kehidupan lain. Rakyat Papua melihat bahwa mereka kurang dapat menikmati hasil di daerahnya sendiri, dan daerahnya juga tidak mengalami kemajuan perkembangan yang signifikan. Padahal Papua memiliki SDA yang sangat potensial.
Sebenarnya kebijakan otonomi telah diberikan kepada Papua, dan hal itu merupakan langkah yang tepat. Namun, pengelolaan otonomi itu masih jauh dari harapan dan tujuan otonomi itu sendiri, yaitu peningkatan kesejahteraan rakyat. Tanpa bermaksud menggurui, beberapa hal yang mungkin perlu diperhatikan untuk mengatasi masalah di Papua adalah dalam mengambil kebijakan-kebijakan, perlu lebih memperhatikan aspek geografi, geopolitik, geoekonomi, dan geopertahanan dalam kerangka Ketahanan nasional serta implementasi wawasan nusantara.
Dalam kaitan inilah Papua perlu mendapatkan perhatian lebih besar. Pemerataan pembangunan dalam keadilan harus dirasakan oleh rakyat Papua yang didukung oleh rasa solidaritas dan kepedulian sosial yang kuat. Untuk mempercepat pembangunan di Papua, maka di perlukan adanya kondisi yang aman, agar seluruh elemen masyarakat dapat melaksanakan aktivitasnya dengan lancar.
Oleh sebab itu, segala bentuk aksi kekerasan dan anarchisme harus segera dihentikan. Kepada pihak-pihak yang selama ini mengganggu keamanan di Papua dan ingin memisahkan diri dari NKRI harus segera menyadari kesalahannya bahwa perbuatan yang dilakukan hanyalah sia-sia belaka.dan justru menyengsarakan rakyat serta menghambat proses pembangunan. Kita perlu terus mendukung aparat keamanan agar mampu memberikan rasa aman kepada masyarakat dari gangguan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar