Kamis, 19 Januari 2012

13263932302004388823

PENGADAAN ALUTSISTA TNI PENTING!
Seperti yang ramai diwartakan beberapa hari terakhir terkait tentang rencana   TNI AD   melakukan pengadaan Main Battle Tank (MBT), dalam hal ini Kementrian Pertahanan menyebutkan bahwa MBT yang didatangkan adalah jenis Leopard 2 yang dibeli dari Belanda. Alasan utama menjajaki pembelian MBT dari Belanda adalah adanya pemotongan anggaran pertahanan besar-besaran oleh pemerintah Belanda, sehingga beberapa alutsista yang rata-rata memiliki teknologi terkini terpaksa dikandangkan untuk dijual. Hal inilah yang nampaknya Kementerian Pertahanan incar, teknologi terbaru dengan harga yang terjangkau bagi TNI.
Namun dalam kelanjutannya sebagaimana dengan pengadaan alutsista TNI selalu saja mengundang pro dan kontra, sepertinya di Indonesia memperkuat angkatan bersenjata bukan menjadi hal yang mudah, terlebih lagi jika isue tersebut bisa dijadikan argumen politik untuk mengkritik pemerintah dari partai yang berkuasa  saat ini. Padahal   Negara Indonesia tidak pernah menganut   menganut system partai oposisi dan posisi.
Sebenarnya jika   kita berpikir logis, suatu alutsista baru terutama yang belum pernah kita miliki sebelumnya, tentu akan ditempatkan di wilayah yang dekat atau tersedia fasilitas pelatihan untuk mempermudah pendidikan. Fasilitas pemeliharaan untuk mempermudah perwatan dan  fasilitas transportasi terdapat pelabuhan besar untuk bersandar kapal sehingga bisa di mobilisasi ke seluruh wilayah NKRI apabila diperlukan. Sehingga fasilitas produksi alutsista biasanya terkait kemudahan mendapatkan logistik amunisi, atau keperluan perakitan alutsista.
Dan,  sejauh ini tentu fasilitas-fasilitas tersebut umumnya berada dekat dengan kota besar, oleh sebab itu MBT tersebut nantinya akan ditempatkan di dekat kota-kota besar untuk  bisa di mobilisasi ke seluruh wilayah Indonesia. Perlu dipahami bahwa   TNI AD sendiri sebenaranya memiliki sejumlah kapal angkut untuk memobilisasi kendaraannya tempurnya, dan selain itu TNI AL juga memiliki Kapal Landing Platform Dock dan Landing Ship Tank untuk membawa kendaraan tempur melintasi laut.
Mengingat betapa penting dan strategisnya menghadirkan alutsista bagi TNI di era sekarang demi untuk  meningkatkan citra dan kedaulatan bangsa di mata internasional. Kekuatan TNI yang menyangkut alutsista itu harus kuat dan modern karena  merupakan idaman dan harapan semua negara. Secara ototomatis jika   alutsista yang dimiliki oleh bangsa Indonesia  dapat terwujud   memungkinkan   kekuatan bargaining position Indonesia   tidak mudah digertak dan disepelekan negara lain.
Oleh karenanya   pro kontra tentang pembelian alusita TNI  didudukan dalam persoalan yang proporsinal sehingga ia tidak liar yang justru akan menghambat pengembangan alutsista TNI. Sebagai warga Negara kita berharap agar  segera melihat  Negara Indonesia  memiliki kemampuan militer modern   dapat diwujudkan untuk   menjaga kedaulatan NKRI tercinta.  Semoga !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar