Rabu, 18 Januari 2012

Raja Empat



Raja Ampat merupakan salah satu obyek wisata yang terletak di daerah Timur Indonesia, tepatnya di propinsi Irian Jaya Barat. Raja Ampat adalah pecahan Kabupaten Sorong, sejak 2003.
Kabupaten Raja Ampat berpenduduk 31 ribu jiwa dan memiliki 610 pulau (hanya 35 pulau yang dihuni) dengan luas wilayah sekitar 46.000 km2, namun hanya 6.000 km2 berupa daratan, 40.000 km2 lagi lautan. Raja Ampat memiliki 4 pulau besar utama, yakni Misol, Salawati, Bantata dan Waigeo.

Untuk mencapai Waisai (Ibukota Kabupaten Raja Ampat) dengan pesawat udara, kita terlebih dahulu menuju Bandara Domne Eduard Osok, Sorong. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan transportasi laut, menggunakan kapal cepat berkapasitas 10, 15 atau 30 orang. Dari Kota Sorong ke Waisai, dapat dijangkau dalam waktu 3-4 jam dengan biaya sekitar Rp. 3 juta.
Papua Diving di pulau Mansuar adalah salah satu resort terkemuka yang berada di kawasan ini. Wisatawan-wisatawan mancanegara penggemar selam betah selama berhari-hari bahkan sebulan berada di Raja Ampat menikmati keindahan yang ada di sana dan menginap di Papua Diving.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar