Selasa, 05 Juni 2012

PEMBANGUNAN DI PAPUA HARUS PERCEPAT



 
Papua merupakan bagian NKRI sudah final dan diakui dunia. Permasalahan Papua adalah permasalahan dalam negeri. Pemerintah telah berupaya mengatasi permasalahan di Papua dengan pendekatan kesejahteraan melalui percepatan pembangunan di Papua. Upaya pemerintah ini layak didukung semua pihak agar Papua tidak bergejolak lagi, jika masyarakatnya sudah sejahtera.
Persoalan Papua akhir-akhir ini mencuat kembali setelah banyaknya kasus gangguan keamanan yang diduga dilakukan kelompok separatis Papua, dan meresahkan masyarakat. Banyak pihak yang menilai permasalahan Papua akibat kurangnya komunikasi antara pemerintah pusat dan daerah, serta belum meratanya pembangunan di Papua. Untuk itu, pemerintah telah berupaya untuk mempercepat pembangunan di Papua melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 65 Tahun 2011 tentang Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat dan Perpres 66 Tahun 2011 tentang UP4B.
Berbagai seperti tokoh Papua Paskalis Netep pernah mengatakan bahwa sesungguhnya gejolak yang terjadi di Papua akibat pemerintah pusat masih belum secara maksimal memberikan perhatian kepada masyarakat asli Papua, meski sudah ada Otonomi Khusus (Otsus). Pemerintah diminta untuk arif dan bijaksana dengan pendekatan adat dalam menyelesaikan masalah Papua. Ada kekeliruan besar yang dilakukan negara yakni belum adanya prioritas pembangunan empat bidang yakni pendidikan, kesehatan, kesejahteraan dan infrastruktur. Sehingga, muncul ketidakpuasan dari masyarakat asli Papua.
Namun demikian pemerintah segera menjawab krtikan tersebut dengan  menjawab persoalan konflik di Papua dengan membentuk Unit Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Papua Barat (UP4B).  perlu diketahui bahwa pada tahun  2012 ini, dana otonomi khusus untuk Papua dianggarkan Rp3,83 triliun dan Papua Barat Rp1,64 triliun. Selain itu, pada 2012 juga dialokasikan dana tambahan infrastruktur untuk Papua Rp571,4 miliar dan Papua Barat Rp428,6 miliar.
Kita berharap seluruh kemampuan yang dimiliki oleh pemerintah agar optimal. Sebab  untuk mempercepat pembangunan di Papua harus dilakukan secara terpadu dan didukung semua pihak, dengan tujuan utama mensejahterakan rakyat Papua yang merupakan bagian dari masyarakat Indonesia. Perlu adanya pemahaman yang sama antara pemerintah pusat dan daerah, terkait percepatan pembangunan tersebut. Sosialisasi di masyarakat tentang upaya percepatan pembangunan perlu digalakan melalui berbagai media dan kesempatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar